Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense: Sebuah Panduan Lengkap

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense: Sebuah Panduan Lengkap

Apakah Anda tertarik mendapatkan uang dari Google Adsense?

Ini adalah panduan lengkap, bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dari Adsense dengan mengelola blog.

Sebuah panduan langkah per langkah dari awal, sampai Anda benar-benar mampu menghasilkan uang.

Dilengkapi juga dengan tips bagaimana memaksimalkan pendapatan, menjaga keutuhan akun, informasi tentang kenapa sebuah akun Adsense dinonaktifkan, sampai kepada alternatif selain Adsense.

Semoga tulisan saya kali ini dapat memberi Anda gambaran menyeluruh tentang cara mendapatkan uang dengan menjadi seorang publisher Adsense.

Meskipun saya sarankan Anda membacanya secara runut dari awal sampai akhir supaya mendapatkan pemahaman yang lebih baik, namun jika mau, Anda juga bisa meloncat ke bagian tertentu, dengan mengklik judul di sebelah kanan.



Sudah siap? Yuk kita mulai.

Apa itu Google Adsense?
Adsense adalah salah satu cara mendapatkan uang yang 'menyenangkan' dengan modal sebuah situs atau blog yang Anda miliki, karena sangat mudah diterapkan. Dan ini adalah sumber pendapatan terbesar kedua saya dari internet.

Namun sedari awal, saya juga ingin menyampaikan bahwa Adsense bukanlah program menjadi cepat kaya. Anda butuh sebuah website / blog dengan trafik tinggi untuk mendapatkan hasil memadai dari Adsense.

Saya memiliki alasan tersendiri kenapa saya menyukai Adsense, dapat Anda baca di artikel: 8 Alasan kenapa saya menyukai Adsense.

Mari kita bahas lebih lanjut. Google, mendapatkan pemasukan terbesar dengan memberi kesempatan kepada pemilik situs lain untuk menempatkan iklan pada halaman hasil pencarian miliknya. Nah, semua ini di-manage oleh program mereka yang disebut Google Adwords, sebuah program pemasaran internet berbasis PPC (pay per click).

Untuk mengetahui istilah yang sering digunakan dalam dunia periklanan internet, silakan baca artikel: Istilah Advertising yang Penting Diketahui Pemula.

Anda pasti pernah melihat iklan-iklan tersebut, yang muncul di bagian atas hasil pencarian organik Google, juga berderet di sebelah kanan halaman hasil pencarian. Inilah yang disebut 'Sponsored Result' dan pada bagian atasnya terdapat tulisan 'iklan' kecil, dimana pengiklan akan membayar sejumlah uang tertentu apabila ada yang melakukan klik iklan tersebut.

Google menggunakan sistem lelang untuk menampilkan iklan Adwords. Pengiklan saling bersaing satu sama lain agar iklan mereka yang muncul. Siapapun yang menawarkan harga tertinggi dan iklan yang paling 'berkualitas' akan muncul di hasil pencarian.

Nah dari situ lah, kemudian Anda dapat ikut mencicipi pembagian dari hasil yang didapatkan Google melalui program Adwords tersebut dengan cara menampilkan iklan teks atau gambar di situs / blog milik Anda. Bila seseorang mengklik iklan, Anda mendapatkan pembagian hasil sebesar 68% dan sisanya diambil Google sendiri.

Program ini disebut: Google Adsense!

Ini sebuah program yang bagus sekali bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan dari blog yang Anda miliki.

Pastikan Anda membaca secara tuntas artikel ini. Sekali lagi saya katakan, Adsense bukanlah program 'cepat-kaya', tapi sebuah program yang memerlukan kerja keras agar berhasil dengan baik. Jangan berpikir hanya dengan berhasil bergabung, dijamin otomatis Anda akan mendapat banyak uang dari program ini.


Bagaimana cara kerja Adsense?
Inilah cara kerja Adsense: pertama sekali tentu saja Anda harus memiliki website ataupun blog, karena disitu nanti Anda akan menayangkan iklan Adsense. Setelah iklan tayang di blog, maka setiap kali ada pengunjung yang melakukan klik terhadap iklan-iklan tersebut, Anda langsung mendapatkan uang.

Ada juga iklan Adsense yang berbasis CPM, dimana Anda bisa mendapatkan uang tanpa klik pada iklan. Lebih lanjut baca: Dapat uang Adsense tanpa klik.

Kemudian, setelah terkumpul pendapatan sebesar $100, baru Anda menerima pembayaran sebenarnya. Pembayaran bisa dilakukan dengan dua cara, bisa melalui cek yang dikirimkan ke alamat Anda, atau melalui Western Union. Tergantung metoda mana yang Anda pilih.

Secara ringkas bisa digambarkan sebagai berikut:
  1. Membuat blog
  2. Mendaftar menjadi penayang Adsense
  3. Memasang kode iklan
  4. Melakukan optimasi
  5. Mendapatkan klik iklan dari pengunjung
  6. Dapat uang!
Meskipun terlihat sederhana tahapan-tahapan di atas, tapi nyatanya untuk bisa mendapatkan hasil yang cukup besar dari Adsense, bukanlah perkara mudah, bukan bisnis semalam jadi. Karena itu saya menyarankan: perlakukan Adsense sebagai bisnis jangka panjang. Kembali saya sampaikan, Adsense bukanlah skema mendapatkan uang dengan cepat. Banyak hal yang perlu dilakukan, yang semuanya memerlukan ketekunan dan kerja keras.


Berapa besar yang bisa saya dapatkan?
Komisi yang Anda peroleh untuk setiap klik tergantung dari berapa besar pengiklan membayar kepada Google atas iklan tertentu. Anda mendapatkan bagi hasil dari nilai itu. Saya mendengar dari banyak publisher besaran nilai klik berkisar antara 1 sen sampai $15 per klik.

Mendapatkan klik bernilai lebih dari $1 mungkin sangat jarang terjadi, walaupun memang ada iklan bernilai tinggi dari waktu ke waktu. Namun demikian, Anda akan menemukan kebanyakan klik yang Anda dapatkan nilainya kecil di bawah $1.

Satu hal, saya tidak bisa memperkirakan berapa yang akan dapatkan dari trafik yang Anda miliki. Banyak sekali orang yang menanyakan dan ingin mengetahui berapa nilai per klik di blog mereka.

Tidak ada seorang pun yang tahu pasti, kecuali Google sendiri, jadi jangan percaya jika ada orang yang mengatakan kalau Anda akan mendapatkan nilai sekian-sekian dolar per klik dengan cara yang mereka tawarkan. Adalah hal yang tidak mungkin bagi saya, bagi semua publisher Adsense untuk mengetahui secara pasti nilai klik ini, karena setiap iklan memiliki nilai berbeda, dan kita tidak pernah tahu berapa pastinya para pengiklan Adwords membayar kepada Google.

Namun memang, nyatanya ada beberapa niche seperti: seks, cara mendapatkan uang, mungkin memberikan nilai klik yang lebih tinggi dari topik lainnya, karena memang topik tersebut memiliki persaingan yang tinggi. Intinya, semakin kompetitif sebuah keyword, maka nilainya klik akan semakin tinggi, karena masing-masing saling berkompetisi agar iklan mereka yang memenangkan lelang dan muncul di halaman blog Anda.

Meskipun, Google tidak pernah memberitahu berapa yang Anda dapatkan untuk setiap klik pada masing-masing iklan, Anda bisa melihat di laporan Adsense, berapa total pendapatan yang Anda hasilkan dalam sehari, seminggu, sebulan dan seterusnya.

Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan $13,50 hari ini, dari sebanyak 10 klik, maka Anda bisa menghitung komisi per klik Anda sebesar $1.35. Tapi ingat, tetap ini adalah angka-angka rata-rata. Anda tidak pernah tahu berapa nilai klik dari masing-masing iklan tertentu.

Penghasilan Adsense saya
Saat ini saya telah mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan dari Adsense. Nilai pasti dan rincian seperti jumlah klik, nilai CTR dan sebagainya tidak bisa sampaikan disini, karena saya tidak yakin sampai saat ini, apakah hal itu tidak bertentangan dengan kebijakan Adsense.

Saya banyak mendengar cerita sukses para publisher Adsense, dimana mereka mampu mendapatkan penghasilan sampai 5 digit angka (dalam USD). Sangat menggiurkan bukan? Namun, saya tekankan disini, mendapatkan 5 digit angka dari Adsense, sepertinya tidak untuk setiap orang!

Idealnya, Anda harus membuat blog dengan topik yang benar-benar Anda kuasai sepenuhnya. Ini akan mempermudah Anda membuat banyak konten. Dengan banyak konten, trafik akan diharapkan semakin besar, akhirnya penghasilan Adsense akan ikut menjadi besar.

Penghasilan Adsense adalah semata masalah angka. 
Semakin besar trafik yang Anda miliki semakin besar penghasilan Anda!

Satu lagi yang perlu saya sampaikan, penghasilan Adsense tidak lah tetap setiap bulannya. Naik turun. Dan itu adalah hal biasa. Tergantung banyak hal, seperti trafik, nilai klik per iklan dan sebagainya.

Lebih lanjut mengenai nilai klik Adsense yang berubah-rubah, baca artikel: Mengapa Nilai Klik Adsense Berubah-ubah?

Sekian kalinya saya ingatkan, Adsense bukanlah model bisnis semalam jadi, langsung memberi Anda penghasilan melimpah. Walaupun terlihat mudah, namun Anda tidak pernah tahu, seberapa besar kerja keras yang telah saya lakukan untuk memaksimalkan pendapatan dari Adsense.


Membuat blog untuk Adsense Anda
Sebelum Anda membuat blog, pastikan Anda telah memilih topik yang Anda sukai, dan lebih penting lagi topik yang Anda 'tahu banyak' tentangnya. Itu akan membuat lebih mudah menyajikan banyak konten ke depannya.

Sebagai panduan dasar dalam memilih topik blog, baca artikel: Topik Blog Ini Tidak Sesuai untuk Adsense.

Semakin banyak konten yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda diterima oleh Google. Selain itu, pastinya, semakin banyak konten dan trafik, maka semakin besar potensi penghasilan Anda.

Jika berminat mendapatkan banyak uang dari program Adsense, persiapkan diri Anda untuk menulis banyak konten dan belajar bagaimana mempromosikan konten tersebut. Jangan pernah berharap melalui blog dengan 10 artikel dapat menghasilkan $100 per bulan! Itu tidak realistis!

Bagi Anda yang belum memiliki blog, silakan baca panduan cara memilih niche terbaik untuk memulai blogging, kemudian dilanjutkan dengan strategi membuat konten hebat segera setelah menentukan topik terbaik blog.


Bagaimana caranya bergabung?
Jika Anda telah memiliki 20 - 30 artikel, silakan klik disini untuk mendaftarkan blog Anda.

Sebelum mendaftar, ada baiknya cek sekali lagi, silakan baca: Apakah blog Anda sudah memenuhi syarat Adsense?

Sekali diterima sebagai publisher, Anda tinggal copy paste kode html yang disediakan ke halaman blog Anda dimana ingin iklan ditampilkan. Anda dapat memilih antara iklan teks saja, atau gambar saja atau kedua-duanya. Terserah pilihan Anda!

Anda dapat memilih banyak ukuran iklan, merubah warna, dan sebagainya untuk disesuaikan dengan theme blog Anda.


Tips Sukses Menjalankan Adsense
Inilah tips utama untuk menjalankan sekaligus meningkatkan penghasilan Adsense:

1. Bangun trafik
Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika tidak memiliki trafik yang cukup besar. Jangan berpikir ini adalah program yang mudah dijalankan atau cara cepat menjadi kaya. Program Adsense membutuhkan kerja keras, dan semua berawal dari bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

2. Eksperimen
Jangan takut melakukan eksperimen. Anda harus melakukannya, cobalah beberapa unit iklan berbeda, 'bermain-mainlah' dengan warna latar belakang dan teks, coba juga format antara teks dan gambar, dan sebagainya. Terus bereksperimen, sampai Anda menemukan yang paling sesuai untuk blog Anda.

Saya sendiri lebih menyukai desain yang membaur dan menyatu dengan warna dan theme blog. Beberapa orang lebih suka membuat iklan menonjol dengan memilih warna yang kontras. Tapi, saya menemukan itu tidak bekerja baik untuk saya, mungkin karena iklan tersebut terlihat benar-benar 'seperti iklan'.

Saya telah menulis banyak tips seputar desain iklan ini, silakan pelajari satu per satu. Inilah artikel tersebut:
3. Buatlah saluran khusus
Saluran khusus (channel) dapat Anda gunakan untuk mengetahui unit iklan mana yang bekerja paling baik. Jaid, setiap kali Anda membuat unit iklan baru, jangan lupa buatlah pula sebuah saluran khusus untuk unit iklan tersebut (beri nama yang mudah seperti: 'diatas posting'), sehingga Anda dapat melacak kinerja iklan tersebut dengan mudah.

Selain itu, ada manfaat lain dari membuat saluran khusus ini, yaitu yang dinamakan penargetan penempatan, ini bagus untuk meningkatkan hasil dari Adsense.

Lebih jauh tentang saluran khusus dan penargetan penempatan, baca: Membuat Saluran Khusus dengan Penargetan Penempatan.

Jika Anda masih bingung tidak tahu harus memulai darimana, Anda dapat memulainya dari artikel ini: tips sukses menjalankan Adsense. Ini adalah kompilasi dari artikel tips Adsense yang pernah saya tulis, saya susun secara sistematis sehingga mudah Anda ikuti secara runut dan tuntas. 


Pendapatan Adsense sangat kecil?
Saya sering ditanya: mengapa pendapatan saya dari Adsense sangat kecil? Ini salah satu pertanyaan yang paling saya benci, bukan apa-apa, karena memang saya tidak bisa menjawabnya.

Ada banyak alasan mengapa penghasilan Adsense sangat rendah. Dan inilah beberapa yang paling pokok:

1. Tidak cukup trafik
Jika blog Anda memiliki pengunjung kurang dari 500 per hari, akan sulit mendapatkan hasil 'lumayan' dari Adsense. Anda harus ingat bahwa hanya sebagian kecil saja dari pengunjung blog yang mengklik iklan (1 - 2% saja). Jadi, jika pengunjung Anda 500, maka Anda hanya mendapatkan 5 klik!

Ingat pula, bahwa kebanyakan klik iklan hanya seharga kurang dari $1. Jadi, inilah faktor utama mengapa penghasilan Anda sangat kecil dari Adsense. Bangun trafik, dengan menyajikan konten berkualitas dengan jumlah yang banyak, adalah prioritas utama yang harus Anda kejar untuk mendapatkan hasil maksimal dari Adsense.

2. Tidak cukup banyak iklan relevan yang tampil
Beberapa niche / topik memiliki lebih banyak iklan untuk ditampilkan. Ini sangat berpengaruh terhadap nilai CTR. Jika iklan yang tampil tidak relevan dengan topik blog, maka pengunjung kecil kemungkinan melakukan klik terhadap iklan.

Untuk itu sekali lagi, Anda harus memiliki konten yang cukup banyak, agar Google dapat menampilkan yang relevan lebih baik. 

Baca: Tips Tambahan Agar Iklan Adsense Lebih Relevan, untuk mengoptimalkan relevansi iklan.

3. Niche bernilai rendah
Harus diakui. Kenyataannya beberapa niche membayar lebih tinggi dari lainnya. Jika topik blog Anda adalah: finance, iklan yang tampil mungkin akan bernilai lebih tinggi dibadingkan iklan bertopik hiburan misalnya.

Jadi, niche atau topik blog memegang peranan penting seberapa besar penghasilan Anda dari Adsense. Tapi, memaksakan diri untuk menulis dengan niche bernilai tinggi, padahal tidak benar-benar menguasai topik tersebut, juga bukan ide yang baik, karena Anda akan mengalami kesulitan dalam mengelolanya kelak. 

Maka dari itu, sulit untuk memprediksi berapa besar hasil kita dari Adsense, terlalu banyak faktor yang berperan di dalamnya.


Tidak disetujui oleh Adsense?
Cukup sering saya mendapatkan pertanyaan: Mengapa blog saya ditolak oleh Adsense? Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab, tentu saja, karena saya bukan karyawan Google. Jadi, untuk menjawabnya, saya hanya mampu mengira-ngira.

Pertama, ini yang paling sering. Adalah karena tidak cukup konten yang Anda miliki. Saya sering menyarankan sebelum melamar Adsense, siapkan dulu minimal 20 - 30 artikel yang 'bagus'. Artikel tersebut harus mengerucut pada satu topik, tidak melebar kemana-mana. Fokus ke SATU topik!

Google tidak menyukai blog / situs yang menyajikan terlalu banyak topik berbeda, karena akan sulit menargetkan iklan mereka. Semakin sempit dan fokus pada satu topik, semakin baik!

Di samping masalah jumlah artikel, saya juga menekankan untuk memiliki konten yang cukup panjang, minimal 700 kata atau lebih. Google tidak menyukai blog yang miskin konten, karena dianggap blog tersebut dengan tujuan menjalankan Adsense semata. Siapkan konten yang cukup, baik secara kuantitas maupun kualitas, dengan demikian, semakin besar kemungkin Anda diterima mengikuti program Adsense.

Periksa juga, tulisan Anda. Tatabahasa, salah ketik, tata letak, dan sebagainya. Ingat, Anda sedang berusaha berpartner dengan Google (raksasa dan pemimpin industri internet terbesar di dunia), dan yakinlah mereka tidak menyukai situs / blog yang acak-acakan, tidak terlihat profesional, tidak memiliki navigasi yang baik.


Akun Adsense dinonaktifkan?
Sepanjang waktu, banyak sekali publisher Adsense dikeluarkan dari program karena masalah 'aktivitas pelanggaran klik atau potensi terjadinya pelanggaran klik'.

Hal ini membuat frustasi banyak orang, karena mereka mengklaim tidak pernah melakukan pelanggaran apapun.

Lebih jauh tentang pengertian pelanggaran klik dan klik tidak valid, silakan baca: Memahami Klik Tidak Sah di Adsense

Apa batasan dari 'potensi melakukan pelanggaran'? Sayangnya, tidak ada seorang pun yang tahu, kecuali mereka sendiri.

Mari kita bahas lebih lanjut. Ingat, Google menghasilkan uang dari program periklanan. Iklan yang tampil di blog Anda, dibayar oleh seseorang untuk setiap kliknya.

Google memonitor setiap klik dengan sangat teliti, terutama jika untuk akun baru

Sehingga, jika mereka menemukan SESUATU di luar kebiasaan, atau mereka menengarai blog Anda mendapatkan trafik dari sumber yang berpotensi memberikan bot klik otomatis / pelanggaran klik, mereka akan menon-aktifkan akun Anda, untuk melindungi uang pemasang iklan.

Mereka akan menonaktifkan sebuah akun, bukan saja jika mereka menemukan BUKTI terjadinya pelanggaran klik (fraud click), namun juga melakukan hal yang sama ketika mereka menemukan POTENSI atau kecenderungan terjadinya pelanggaran klik.

Kemudian, mereka mengembalikan uang (refund) kepada pengiklan, itulah mengapa Anda tidak menerima pembayaran bila akun Anda dibanned.

Sayangnya, tidak ada seorang pun yang dapat menjelaskan batasan tentang apa yang dimaksud dengan potensi terjadinya pelanggaran klik

Satu lagi yang membuat keadaan lebih buruk, komunikasi mereka ketika menonaktifkan akun adalah sepenuhnya otomatis dan biasanya tanpa peringatan sama sekali sebelumnya. Inilah yang membuat banyak orang frustasi, karena mereka merasa tidak melakukan pelanggaran.

Tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya akun tersebut dibanned. Pengajuan banding pun seringkali tidak berguna.

Tidak ada seorang pun yang aman dari resiko banned, tidak juga saya, tidak juga Anda. Dan itu adalah salah satu hal yang mesti disadari dan siap dihadapi sejak pertama kali kita mengajukan kerjasama dengan Adsense.

Google akan melakukan apapun untuk melindungi kepentingan (uang) klien mereka, yaitu para pemasang iklan (advertiser), bahka jika harus mengeluarkan kita dari keikutsertaan program Adsense. Google selalu berada di pihak advertiser, bukan kita! Karena dari mereka lah uang berasal.

Terdengar menakutkan? Itulah kenyataannya. Tapi meskipun demikian, sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan, dikhawatirkan selama kita menjalankan Adsense segaimana mestinya, tanpa melakukan kecurangan dan pelanggaran. Patuhi semua ketentuan dan kebijakan, maka Anda akan awet sebagai mintra Google.

Baca juga artikel seputar menjaga keutuhan akun Adsense:

Mengapa pendapatan berubah-ubah?
Pendapatan Adsense memang tidaklah tetap, tapi selalu berubah, naik turun. Itu adalah hal wajar. Karena memang ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Dua di antaranya adalah perubahan nilai CPC dan penetapan harga cerdik. Lebih lanjut silakan baca artikel ini:

Infografis: Panduan Adsense
Berikut adalah rangkuman langkah dan panduan dasar menjalankan Adsense, mulai dari mendapatkan persetujuan, optimasi pendapatan, dan menjaga keutuhan Adsense.

infografis: cara sukses menjalankan adense


Alternatif selain Adsense
Bila ternyata Anda ditolak atau pun dinonaktifkan oleh Adsense, jangan berkecil hati, selalu ada jalan lain mendapatkan uang dari blog.

Dan inilah beberapa alternatif Adsense, yang bisa Anda coba:
Jangan menaruh telur dalam satu keranjang, jika Anda memiliki beberapa blog, cobalah program alternatif lain, banyak pula cerita sukses mereka yang menjalankannya.

Lebih rinci, silakan baca: 10 Alternatif Google Adsense terbaik.

Punya pertanyaan?
Saya senang berbincang dengan Anda seputar masalah Adsense. Silakan kontak saya via Google+ atau Facebook. Atau Anda bisa sharing-sharing dan bertanya apa saja seputar mendapatkan uang dari internet di Grup Facebook saya, saya mengundang Anda untuk bergabung.

Akhirnya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Sukses selalu untuk kita semua. Terakhir jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, kiranya berkenan membagikannya kepada teman Anda, agar semakin banyak orang merasakan manfaatnya. Sebelumnya terima kasih.

Salam.
Bagikan artikel ini :
Facebook Tweeter Google+

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan ke teman Anda. Serta jangan lupa, dapatkan update terbaru dari Portal-Uang langsung ke email Anda, silakan masukkan alamat email di bawah ini:

127 komentar:

0sprey mengatakan...

Wih, tutorialnya lumayan lengkap nih. Makasih ya.
Google sih emang rajanya iklan. wkwk..

salam kenal,
Sindhu
http://0sprey.wordpress.com

Gee Jhon mengatakan...

@Osprey. salam kenal juga Mas Sindhu. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

Munawir Alfikri mengatakan...

Waahh , berapa hari nih. Om ngetik nya hehe :)
Kunjungan balik ya
Salam damai (y)

Gee Jhon mengatakan...

@munawir. Hehehe.. berapa hari ya? mmm.. seminggu kayaknya, hehehe.... ok mas pasti sy berkunjung. Salam damai juga.

Munawir Alfikri mengatakan...

hehe lama juga ya seminggu, cuman dapet 1 Artikel ,
Tapi salut deh buat mas @GheJhon ..
Udah suks GA nya :)

Gee Jhon mengatakan...

hehe.. ya gitu juga mas. gak seminggu sy ngerjain artikel ini terus. lihat saja jarak postingan sy, apakah semingu cm satu? tidak kan? hehehe..

jadi gini, artikel itu bagi saya ada 2 macam.
1. artikel ringan. tuk posting harian. ini bisa sy tulis dalam beberapa jam saja.
2. artikel berat. ini biasanya artikel yg membahas detil tentang satu topik tertentu secara tuntas. bisa makan waktu 1 minggu sya buatnya. tp bkn berarti 1 minggu itu sy cm nulis itu aja. sy sempatkan 1-2 jam perhari tuk lanjutin artikel jenis ini. disamping tetap menulis artikel ringan lainnya.

gitu mas.... hehhe.. contoh lain artikel berat sy di antaranya: Cara Memilih Niche Terbaik Untuk Memulai Blogging, dan Strategi Jitu Membuat Konten Segera Setelah Memilih Niche.

Uung M. Nuryaman mengatakan...

sungguh sangat dalam pemahaman tentang adsense nya,...makasih atas penjelasannya tentunya bermanfaat bagi saya yang masih belajar.

Gee Jhon mengatakan...

@uung. Sukurlah jika tulisan saya bisa bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya mas Uung.

apriyanto roni prasetyo mengatakan...

minta bantuannya ketika saya mendaftar dan di suruh memasukan URL saya memasukan alamat blog saya tp kok di tolak trus, minta bntuanya cra mendaftar yang bnar seperti apa ?

Gee Jhon mengatakan...

@apriyanto.
Blognya pake custom domain atau .blogspot.com mas Roni? kalau pake .blogspot.com tidak bisa lgsung dg memasukkan alamat blog, caranya langsung dari menu earning di dashboard blogger mas. Jika tab earning tidak muncul, rubah bahasa blog-nya ke b. ingrris agar muncul. semoga membantu.

apriyanto roni prasetyo mengatakan...

punya saya blbogspot.com, udah aku ubah ke bahasa inggris tapi menunya juga blum muncul, letaknya menu dmna ya mas mungkin aku yang ngk lihat ?

Gee Jhon mengatakan...

@apriyanto. ingat yg dirubah ke b. ingris bukan bahasa antar muka bloggernya loh ya? tp bahasa blognya, klo benar maka muncul tab 'Penghasilan' atau 'earning' di bawah tab statistik. coba dilihat lagi.

apriyanto roni prasetyo mengatakan...

kok saya bisa ditolak ya ?

emg blognya hrus kyak pa ? aku bingung emg pengunjung blog ku bru 300org, pa ngk bsa ?

minta bntuannya ?

Gee Jhon mengatakan...

@apriyanto. kalau mAs Roni baca dg teliti panduan di artikel ini, seharusnya Mas sudah bisa meraba blognya harus spt apa agar bisa diterima oleh Adsense. Masalah jml pengunjung, tdk ada masalah, adsense tdk menyaratkan jml pengunjung kepada kita. yang jelas, kalau ditolak brati msh ada yg belum sesuai dg kebijakan Adsense. perbaiki dulu mas, tunggu 1 bulanan, baru mengajukan lagi. kalau mau ngobrol banyak silakan bisa lwat fb.

apriyanto roni prasetyo mengatakan...

fbnya apa mas ?

Gee Jhon mengatakan...

@apriyanto.
https://www.facebook.com/geedahsyat/

hargahandphonea mengatakan...

ajibbb gan,, lengkap banget infonya maksih yah,, nambah ilmu buat damalkan lah di adsense hehehe
http://yantasik.blogspot.com

Gee Jhon mengatakan...

@harga. sama2 mas. silakan dipraktekkan, hehehe.. semoga sukses.

Abdi Fanny mengatakan...

Mantap banget infonya.. Makasih Mas

Gee Jhon mengatakan...

@abdi. terima kasih kembali atas kunjungannya....

Indra Permana Putra mengatakan...

Mntp mz tulisannya saya jd makin tau, trimaksh maz, dan mohon bantuannya klo semisal nnt saya dpat kesultan mz. Trmksh

Gee Jhon mengatakan...

@Indra.
terima kasih mas Indra. Oke siap mas, apa yg bisa saya bantu? :)

Cara Mendapatkan Uang dari Blog mengatakan...

Nah yang seperti ini yang perlu ditiru. mantap banget informasinya sobat. cara mendapatkan uang dari blog dan ada juga tutorial dari cara membuat blog

Gee Jhon mengatakan...

@cara. terima kasih kembali atas kunjungannya.

selamat datang di blog ini mengatakan...

Panduannya sangat komplit.Bahasanya mudah dimengerti. Penjelasannya sangat gamblang. Sangat rekomended untuk belajar adsense.trimakasih masGee Jhon.saya nobatkan jadi Pak Guru Adsense. Ditunggu Trik Trik Yang lain BiarPundi Pundi Dolar Adsenseku semakin bertambah.Bagi pembaca yang budiman silahkan kunjungi blogku ya..biar tambah rame.kali aja butuh informasi mengenai dunia islam...bisa baca baca di www.infoting-islamic.blogspot.com

Gee Jhon mengatakan...

@selamat. terima kasih mas atas tanggapannya. Jika memang bermanfaat, silakan rekomen ke sobat yg mungkin mmbutuhkan, :)
jgn jadi guru deh, kita sama2 belajar saja, hehe... mengenai trik lainnya, silakan berlangganan artikel sy, agar jgn sampai ketinggalan, pasti sy akan sajikan lagi tips untuk meningkatkan pendapatan adsense. hhehe.... sukses buat info islamnya.

Dodi Hartadi mengatakan...

terimakasih, tutorial nya bagus sekali, mumpung belum daftar adsense belajar dulu di sini

Gee Jhon mengatakan...

@dodi. terima kasih kembali Mas Dodi. Mari sama2 belajar, hehe... tapi menurut saya belajar terbaik adalah langsung mencobanya mas, jadi daftar ke adsense sekarang juga. :)

Qhe Falkhi mengatakan...

Terima kasih infonya. Semakin menambah ilmu tentang adsense :)

Gee Jhon mengatakan...

@qhe. oke sama2 mas.. terima kasih pula atas kunjungannya.

Munajat mengatakan...

Keren sekali artikelnya gan..ingin coba daftar adsense tp msh newbie
Salam Kenal
www.munajatalwi.blogspot.com

Gee Jhon mengatakan...

@munajat.
hmm... mkasih ats pujiannya, :) coba saja dulu mas, kt tdk pernah tau banyak, sebelum mencobanya. sukses selalu buat Anda,

Ulit Tulus mengatakan...

bt gan di tolak mulu :(

Gee Jhon mengatakan...

@ulit. lah itu sudah ada iklan Adsense nya mas di blognya?

Angga Permana mengatakan...

Thanks gan infonya ijin nyimak

Gee Jhon mengatakan...

@angga...
sama2 Mas Angga.. silakan disimak dengan baik. hehe.. thanks atas kunjungannya.

Bola Tube mengatakan...

@gee jhon. itu bru diterima mas. tpi di copot dul. krena ada klik yg tidak beres.

Gee Jhon mengatakan...

@bolatube....

o0o... gitu ya? Ya oke deh, semoga cepat dipasang kembali.. :)

Edi Suhendi mengatakan...

lewat apakah kita dibayar ?

Gee Jhon mengatakan...

@edi..
bisa lewat cek, bisa juga lewat Western Union. Tapi menurut saya yang paling nyaman adalah WU, karena cepat sampai dan mudah. :)

khairul saleh mengatakan...

Wah..bener bener WAH banget ini artikel..

Ane kasi 10.00.........jempol

Ramzi mengatakan...

wah lengkapnya ulasan diatas
jadi pengen daftar GA tapi nunggu posting dna trafiknya nambah dulu

Gee Jhon mengatakan...

@khairul.
wah,,,, makasih banget atas apresiasinya yang WAH, hehe..... makasih juga jempolnya, makasih juga atas kunjungannya.... :)

Gee Jhon mengatakan...

@ramzi.
oke mas Mas Ramzi... klo boleh tau sudah brp jmlh postingnya? Masalah trafik tdk usah jadi patokan, jika sudah memiliki 20 artikel atau lbh, boleh saja kok langsung mendaftar... sukses selalu buat Mas Ramzi...

LDogi mengatakan...

artikelnya bagus mas gee.
apakah blog ini menggunakan GA? mengapa saya tidak melihat iklan google di setiap page pada blog ini. begitu jg dgn bbrpa blog yg sy lihat rame membahas GA, tp mengapa sy tidak melihat iklan google di blog2 itu.

Gee Jhon mengatakan...

@LDogi.
terima kasih atas apresiasinya.

Ya di blog sy pasangin GA, Tidak melihat iklan GA di blog ini? Coba deh lihat lagi, saya pasang GA di setiap blog yg saya punya. Mengenai blog2 lain yg rame membahas GA, tapi tidak menjalankan GA, saya kurang tahu, tapi yg jelas saya menulis semua tips GA di sini berdasarkan pengalaman sendiri.....

Ervan Fajar mengatakan...

wah membantu sekali artikel ini.....
semoga tambah jaya....
ciluman.blogspot.com

Gee Jhon mengatakan...

@ervan.
aminn.... terima kasih atas komen dan kunjungannya.

Fakta Unik mengatakan...

Lengkap banget, mantaf mas,
cuman masalah nya ya itu GA approved nya susssaah

Gee Jhon mengatakan...

@fakta.
ya itulah yg jadi masalah banyak blogger. tapi seperti yang bilang dalam banyak kesempatan, sebenarnya daftar tidak begitu sulit kok, asal semua persyaratan terpenuhi. semoga bisa diterima....

Ahmad Fathoni mengatakan...

artikelnya mantap, bisa buat panduan kedepan untuk blog saya. thanks

Gee Jhon mengatakan...

@ahmad.
makasih, semoga bisa bermanfaat.. :)

M. Rudianto mengatakan...

panduannya bagus mas.....bisa di jadikan panduan untuk belajar adsense.....
oh ya kalau bleh saya tahu, pendapatan terbasar mas dari internet itu melalui apa ? dalam artikel ini mas mengatakan bahwa adsense adalah pendapatan terbesar mas dari internet. Sebelnya mohon maaf dan terimakasih.

Gee Jhon mengatakan...

@m.rudianto.
sampai skr pendaptan terbesar saya dari internet adalah dari bekerja sebagai freelancer, kedua dari Adsense... :)

M. Rudianto mengatakan...

terimakasih atas infonya mas....

Samuel Eikhel A S mengatakan...

aku masih gk ngerti ni, aku kan baru punya blog, dan aku mau pakai google adsese nya gimana ?

Samuel Eikhel A S mengatakan...

mana lebih enak ?
nyari uang dari freelancer atau dari adsense

Gee Jhon mengatakan...

@samuel.
apakah sudah memiliki akun adsense? Jika belum, maka harus mendaftarkan blognya dulu untuk direview. Jika sudah, maka tinggal buat unit iklan, ambil kodenya lalu pasang di blog.

Freelance atau adsense? Hm... bagi saya 2-2 nya enak kok, kebetulan saya menyukai keduanya. Saya senang desain juga suka sekali menulis. Kalau dari sisi penghasilan, jujur penghasilan dari freelancer masih jauh lebih besar Adsense, hehe... jadi? Tergantung masing2 kita nya saja mas Samuel.. Sukses selalu untuk Anda.

GANESHA multivisindo mengatakan...

artikelnya sangat menarik, saya tertarik menerapkan di portal berita saya, mohon petunjuknya.
terima kasih.
kunjungi portal saya di www.kabarkota.com

Gee Jhon mengatakan...

@ganesha.
silakan diterapkan mas... semoga berhasil dan sukses...

mukena nia mengatakan...

Salam kenal mas saya mau tanya,mengenai iklan yg diberikan oleh adsense..
adsense memberikan kita iklan berupa kode HTML atau kode huruf...?
dan jika saya sudah mendapatkan kode tersebut bagaimana saya memasang pada blog saya...?

terima kasih

saya baca artikel semua yg ada diblog portal uang sangat membantu saya,terima kasih mas..sukses selalu

Gee Jhon mengatakan...

@mukena.
salam kenal juga. Pertama buat dulu unit iklan baru di Adsense-nya. Lalu kopi kodenya. Jika menggunakan blogger, paling mudah adalah lewat tab 'Penghasilan' di dasbor. Bisa juga melalui widget Adsense. Terakhir bisa langsung dipasang melalui Template.

Silakan pake cara mana sesuai kebutuhan.

Hmm.... benarkah baca semua artikel di Portal-Uang? hehe... Kalau baca semua, seharusnya tidak bertanya hal tadi, karena saya pernah mengulasnya beberapa X :)

Tapi, thanks atas apresiasinya.. sukses selalu buatmu!

Ozan Bagas mengatakan...

nice post....

http://zercanesia.blogspot.com

Gee Jhon mengatakan...

@ozan.
thanks!

Mencoba Sukses mengatakan...

Blog walking
http://sentralapak.blogspot.com/

blogoooblok mengatakan...

keren kang, sangat bermantaaf dan semoga semua niat baik akan terbayar tuntas

Gee Jhon mengatakan...

@blogoooblok.
aminn... sukses juga untuk Anda... terima kasih tlh berkunjung ke PortalUang.

Hendra Ealah mengatakan...

trima kasih info nya membantu gan...

Gee Jhon mengatakan...

@hendra.
syukurlah jika bisa membantu.. sukses buat mas Hendra.

Ombatimoor mengatakan...

Mas, saya mau tanya dong..

Mas kan salah satu pemain Google Adsense nii.. dan yang saya lihat, kayaknya Iklan milik mbah Google ini sudah sangat asyik cantol truz di blog nya agan, kayak betah banget gitu.

yang pengen saya tanya..

Tips-tips nya gimana mas, sudah mbah google itu selalu percaya ma kita..

Terutama dalam hal PROMOSI BLOG...

Bagaimana cara Mas PROMOSI BLOG (Portal uang) ini biar tidak di anggap SPAM...??

dan mungkin bisa kasi tips di mana saja tempat mas MENABUR LINK portal uang ini.


TERIMA KASIH,, jika berkenan untuk di jawab.


Salam sukses !

Gee Jhon mengatakan...

@ombatimoor.
sebelum jawab, salam sukses juga buat Anda.

mengenai iklan adsense yg 'betah', tentu saja tidak dengan selalu mematuhi kebijakan Google Adsense. sedangkan mengenai pertanyaan dimana saya menabur link, JUJUR saya tidak melakukan upaya khusus tuk menabur link di manapun.

jika ada yang dianggap usaha mendapatkan link, saya hanya banyak berkomentar ketika blogwalking. usah yg lain, saya kira tidak ada yg istimewa, seperti promosi lewat med sos, forum2 atau pun dari sosbok.

RuriMusik mengatakan...

Ehhmmm keren sekali ni artikel ampe ngantu bacanya panjaaaang bener,,, tetapi semuanya terbayar bertambahnya ilmu dari artikel ini,,, thanks,,,

Gee Jhon mengatakan...

@ruri.
hemmm.. juga :)

tambah lagi kopinya mas, biar gak ngantuk, hehe.... terima kasih telah berkunjung.

Wahid Al Amin mengatakan...

mas, biar blog banyak visitornya itu apa tergantung dari konten atau tampilan atau keduanya?

salam kenal, visit my little blog soon :) a-mindrapindo.blogspot.com

Gee Jhon mengatakan...

@wahid.
klo menurut saya, dua-duanya Mas wahid. Desain apik tanpa konten berkualitas sama tong kosong nyaring bunyinya.

Sebaliknya, konten bagus tapi tidak dikemasi dg cantik, juga kurang memberi kesan kepada pembaca.

So, kedua hal itu sama pentingnya, sama seperti aspek lainnya dalam blogging, seperti promosi dan menjalin komunikasi yg intens dengan pembaca kita.

Ernest Gabriel mengatakan...

mantap...
softsharefile.blogspot.com

kodokrxking mengatakan...

Terima kasih atas pemberitahuan nya .saya sedikit tenteng goole adsense.buat teman teman yang ingin share soal apa saja bisa datang ke blok saja.maap saya numpang mas bro.

Gee Jhon mengatakan...

@kodok.
sama2 .... silakan numpang sesukanya, hehe.....

Yurika mengatakan...

Artikel yang bermanfaat, bisa tolong mampir ke tempat saya : http://indoasiaguide.com , menurut anda bagaimana? Mohon pencerahannya. Terima kasih. ^_^

Gee Jhon mengatakan...

@yurika.
makasih,,, atas kunjungannya.. blognya bagus... (y)

ianto alsruweni mengatakan...

jadi pengin tapi masih bingung

ianto alsruweni mengatakan...

pengin tapi masih bingung ,semoga mas jhon diberi kesabaran mendidik sy

ianto alsruweni mengatakan...

bagus bgt

Gee Jhon mengatakan...

@ianto.
masing bingung dimananya nih? hehe... ayo kita sama2 belajar...

hedy risman mengatakan...

wah bermanfaat banget mas infonya
kira2 yang sudah advance seperti mas, berapa penghasilan adsense nya mas?

Gee Jhon mengatakan...

@hedy.
sama2 mas hedy. mengenai penghasilan, mmm.... sepertinya kurang etis klo saya sebutin disini, ya lumayan lah, cukup tuk buat dapur tetep ngebul, hehe....

Charis Christian mengatakan...

Keren banget mas. Bisa dicoba. hehe mas saya lagi pemula nih, boleh tanya2 lewat fb? makasih sebelmnnya

Gee Jhon mengatakan...

@charis.
silakan mas.... pake fb boleh, tapi saya lebih suka melalui hangout... :)

wahyu mengatakan...

yang ingin saya tanyakan, apakah google memberikan konfirmasi approve atau reject ke calon pengguna adsense??

kira2 waktunya berapa lama ya utk informasi approve atau reject dari google dan apakah jika sekali di reject oleh google, saya bisa mengajukan lagi dengan email gmail yg lain??

thx

Gee Jhon mengatakan...

@wahyu.
ya.. ada pemberitahuan via email, apakah pengajuan kita disetujui ataupun ditolak. biasanya paling lambat 1 minggu sdh ada jawaban.

Jika sudah pernah ditolak, kemudian berusaha memperbaiki lagi blognya, bisa mengajukan lagi dg email yg sama, tidak harus dg email berbeda.

Namun, jika lbh dari 3 X ditolak, apalagi jeda waktu pengajuannya berdekatan (krg dr 1 bulan), maka biasanya akan ditolak permanen.

Maka dari itu, usahakan beri jeda waktu yg cukup, sekitar 2 bulan, sebelum mengajukan kembali, setelah aplikasi pertama ditolak.

Udeh Nans mengatakan...

Konten daging semua, ijin bookmark mas... sangat bermanfaat, apalagi saya pernah 2x kena banned sama adsense. Semoa yang ke 3 bakal langgeng.

Gee Jhon mengatakan...

@udeh.
konten daging? maksudnya gimana nih? hehe....

ok, silakan dibookrmark, semoga bermanfaat. :)

aneka cara praktis mengatakan...

Sebelumnya, thx Mr.G.
Saya penayang adsense pemula, jadi dengan senang hati saya lahap tip yg disajikan disini.
Dan kalau boleh tanya :
1. Saya sebelumnya sempat ditolak adsense puluhan kali ( 60 kali mungkin ) sehingga kode iklan yg terlanjur dibuat juga berpuluh jumlahnya. Apakah kode iklan yg banyak ini mempengaruhi nilai iklan yg tayang sekarang ? Jika "ya", bagaimana cara menghapusnya ?
2. Utk memasang kode adsense pd blog lain dg akun beda ( beda email ) apa cukup dengan otorisasi saja ? Apakah perlu langkah lainnya ?
Sekali lagi thx sebelumnya. Dan sangat ditunggu pencerahannya.

Gee Jhon mengatakan...

@aneka.
1. saya msh agak kurang paham, apakah maksudnya unit iklan di akun Adsense? atau kah kode yang dipasang di blog? Klo kode iklan yg dipasang di blog, seharusnya tidak harus bertumpuk banyak, kan setiap ganti baru, digantikan dg kode yg baru juga kan?

Jika maksudnya, unit iklan di akun adsense, maka unit iklan yg telah ada (dibuat), itu tidak akan dihapus, hanya bisa disembunyikan.

2. Masalah otorisasi, sebenarnya tidaklah wajib, silakan baca:

http://portal-uang.blogspot.com/2013/08/otorisasi-situs-yang-menampilkan-iklan-adsense.html

Yang perlu dilakukan hanyal buat unit baru kemudian dipasang di blog yg baru.

Silakan baca lebih jauh:

http://portal-uang.blogspot.com/2013/08/satu-akun-adsense-cukup-untuk-banyak-situs.html

Mamas Kuncung mengatakan...

Salam AdSense :)

najah@imtihaan mengatakan...

Tanks ya Gan

cengkram mengatakan...

Buset, lengkap banget dah ... oia saya mau nanya nih mas.. saya memiliki blog berita dengan kategori yang cukup banyak. apakah itu termasuk blog yang ideal bagi google adsense.
Kemudian brapa jumlah minimal penayanagan yang bagus untuk mulai mendaftarkan blog ??
terima kasih..

Gee Jhon mengatakan...

@cengkram.
blog berita cukup bagus tuk menjalankan adsense, kembali yg terpenting adl trafiknya. Mengenai jmlah pv, tidak ada angka pasti, krn Adsense sendiri tidak menyaratkan visitor untuk mendaftar Adsense.

andrew susilo mengatakan...

Mantabsss gan artikelnyaaa pertamaxx

Budi Dermawan mengatakan...

wau mantap artikelnya sangat membatu

Tatik Mentik mengatakan...

artikelnya bagus banget, saya baru 2 bulan ikut adsense dan belum dapat penghasilan. kapan-kapan pingin sharing mas gimana biar blog kita bisa lebih bagus lagi dan menghasilkan banyak income.

Gee Jhon mengatakan...

@andrew.
makasih... :)

@budi.
syukurlah jika bs bermanfaat.

@tatik.
silakan, anytime.... dg senang hati.

Rizki Nu Abo mengatakan...

Salam kenal,

Saya masih awam dalam dunia per blog-an, blog saya simple karena saya memang gaptek, hehe

Saya ingin tanya, apakah isi konten blog kita harus bahasa inggris ?

Terima kasih

Gee Jhon mengatakan...

@riski.
salam kenal juga mas riski. ya bagus itu mas... less is more :) saya suka yg simpel2.

mengenai blog yg b. inggris? tentu tidak! apakah portal uang ini, kontennya bahasa inggris?

lalu danial mengatakan...

Salam kenal juragan, saya baru saja buat blog baru dengan beberapa label
mohon direview blog saya "blogtersukses.blogspot.com", Kira kira menurut
juragan blog saya bisa keterima adsense nggak...? mohon pencerahan

Gee Jhon mengatakan...

@lalu.
untuk mengetahui bisa diterima atau tidak, maka cara terbaik adalah dg langsung mencoba mendaftarkannya.

Namun begitu, saya sarankan jangan dulu memikirkan adsense, perbanyak saja dulu artikelnya. 30 artikel saya kira adl jumlah minimal. Oya, entahlah, tapi saya pikir juga blognya terlalu melebar topiknya. biasanya adsense tidak begitu menyukai blog 'gado-gado'.

Sukses selalu.

Sangkuni Arya mengatakan...

gan bagi ilmunya,nane baru aja buat adsense trus abis uitu gimana lagi gan?

PPOB mengatakan...

langsung di coba deh gan.. semoga bisa berhasil.
thx

Gee Jhon mengatakan...

@sangkuni.
ya tentu saja dipasang di blognya. Lakukan optimasi, penyesuaian dg theme blog, dsb. Lalu terus tingkatkan trafik blog. Sudah.... begitu saja. :)

@ppob.
silakan, sip. aminnn..........

ismaelstyle mengatakan...

thanky banget imformasinya,,

saya juga pemula mas, saya akan menjalankan semua yang mas tulis,,
Ini blog saya mas" ismaelhayate.wordpress.com"
kunjung balik ya mas

klikaja mengatakan...

sukses buat penulis nya

aldi mengatakan...

jelas banget infonya :) thank's ..

sasa gokil mengatakan...

gan. ane sdh rubah bahasa di blog ane. dengan menjadi bahasa.ingris ( united stated ). tetapi tab "earnings" nya msh gk muncul nih?

Gee Jhon mengatakan...

@ismaelstyle.
sip... silakan dipraktekkan, hehe.. pasti saya berkujung balik.

@klikaja.
sukses juga buat grosir hijabnya,, :)

@aldi.
sama2, terima kasih juga atas kunjungan dan komentarnya.

@sasa.
oya, aneh juga kalau begitu. eee.... sekedar mengingatkan, yang dirubah bahasanya tuh bahasa blognya ya, bukan bahasa interface bloggernya. kali aja salah disitu. seharusnya tab penghasilan pasti muncul.

sasa gokil mengatakan...

g kmrn rubah bahasa di interface blog nya. skrg g sdh rubah bahasa blog nya. hehe...
thx gan.

ane mau tanya lagi dong. kalau boleh tahu agan pake template apa ya?
biar g bisa ikut format nya agan. hehe....

Gee Jhon mengatakan...

@sasa.
hehe.. tuh.. bener kan? :)

masalah template, bukannya tidak mau menjawab. tapi bener2 saya lupa apa namanya. namun ini sudah banyak dioprek sendiri.

Arif Darmawan mengatakan...

Terima kasih Gan atas semua postingannya... semoga bermanfaat, oh ya Gan mau tanya dikit kalau sebuah blog bisa muncul iklan Adsense artinya apa postingan/blog itu diterima oleh google Adsense Gan... Mohon balasan dan Terima kasih sebelumnya

Gee Jhon mengatakan...

@arif.
kalau belum diterima bagaimana iklan adsense bisa muncul? jika sudah muncul, berarti sudah diterima....

Carawp mengatakan...

Sungguh sangat rumit memang

Gee Jhon mengatakan...

@carawp.
rumit dimananya kawan? :) Kalau lgsung dipraktekkin, sebenarnya ga rumit2 amat kok. :)

Wenny Yolanda mengatakan...

Hallo salam kenal kak. Thank you reviewnya berguna banget.
Kemarin aku sempat mengajukan adsense tapi dan mendapatkan html adsense. Itu diterima atau ditolak. Haha. Maaf pertanyaannya aneh, karena betul-betul buta masalah ginian. Sekali lagi terima kasih kak.

Gee Jhon mengatakan...

@wenny.
saya kurang mengerti dg pertanyaannya. Tapi, anyway, makasih atas komentar dan kunjungannya. Sukses selalu.

Acus mengatakan...

Mas, klo saya baca artikel di atas artinya klo kita punya beberapa blog lebih baik didaftarkan dalam 1 akun adsense ya? atau bagaimana baiknya? Thanks

Gee Jhon mengatakan...

@acus.
ya bisa dikatakan demikian. Daftar adsense itu cukup sekali, dg satu blog saja. Nanti setelah disetujui, maka bisa dipasang di blog2 lainnya.

Rajman atom green mengatakan...

terimakasih atas masukannya.

saya mau tanya, saya belum lama mendaftarkan blog ke adsence dan diterima, dan kemudian kode iklannya telah saya copykan ke blog, tapi mengapa iklannya tidak dapat muncul..??

Gee Jhon mengatakan...

@rajman.
tunggu saja, memang tidak lgsung muncul seketika. kadang butuh beberapa jam baru muncul.

SIMAKNEWS mengatakan...

terima kasih kunjungi www.simaknews.com mari kita belajar

Poskan Komentar

Manfaatkan kolom komentar ini untuk bertanya, menanggapi, menambahkan pendapat dan tempat kita berdiskusi. Mohon maaf, setiap live link akan terhapus secara otomatis.